• SMP NEGERI 3 PONTIANAK
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Visi dan Misi SMP Negeri 3 Pontianak

1. VISI

Dengan mempertimbangkan, Peraturan Pemerintah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, SK Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menegah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1686/D3/KP/2016 tentang Penetapan Sekolah Rujukan, dan tantangan masa depan seperti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat; era informasi; tuntutan dunia kerja, dan tingginya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. Rumusan visi ini memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa mendatang yang diwujudkan dalam visi sekolah berikut.

 

Ekosistem Pendidikan yang Kondusif, Berbudaya Mutu,

Berbudi Pekerti Luhur, Berwawasan Lingkungan, dan Pusat Keunggulan

Adapun ketercapaian visi tersebut dapat dilihat pada indikator sebagaimana tabel berikut.

 

No.

Visi

Indikator

1.

Ekosistem Pendidikan yang Kondusif

a. Interaksi positif antarsemua peserta didik, guru, dan lingkungan sekolah.

b. Warga sekolah mampu berpikir, bersikap dan bertindak kritis, kreatif dan inovatif

c. Terjalinnya hubungan kekeluargaan antarsemua warga sekolah, orangtua siswa dan masyarakat secara kontinu

d. Terciptanya kerjasama dalam pengembangan sarana pendidikan, dengan orangtua, pemerintah kota, dan masyarakat

e. Adanya kerjasama dengan warga dan pihak terkait dalam peningkatan keamanan.

f. Terdapat minimal 5 nota kesepahaman/MoU antara sekolah dengan orangtua, pemerintah, organisasi profesi, alumni, dunia usaha dan industri dalam pengembangan sarana, kegiatan sosial, keamanan, kenyamanan, dan keindahan sekolah.

g. Adanya kegiatan pengimbasan kepada sekolah lain minimal pada sekolah subrayon.

 

2.

Berbudaya Mutu Sekolah

a. Berbudaya belajar dengan peningkatan indek integritas ujian nasional minimal 0,1 setiap tahun

b. Berbudaya kompetitif dengan peningkatan prestasi setiap tahun

c. Berbudaya kolaboratif dalam bidang akademik dan non akademik.

d. Berbudaya wirausaha melalui kegiatan pembiasaan, pengembangan diri, dan atau ekstrakurikuler.

e. Terlaksananya  budaya literasi (pembiasaan, pengembangan,

dan pembelajaran) secara kontinu.

3.

Berbudi Pekerti Luhur

a. Tumbuhnya kesadaran moral, kepribadian, sosial, dan spiritual warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari.

b. Tumbuhnya nilai-nilai kebangsaan dan kebhinnekaan warga sekolah sebagai anugerah Tuhan untuk bangsa Indonesia.

c. Terbiasa merawat diri jasmani dan rohani

d. Tumbuhnya kepekaan warga sekolah untuk menjaga, merawat, dan memelihara lingkungan sekolah.

e. Berkembangnya potensi diri peserta didik secara utuh

f. Warga sekolah terbiasa melakukan literasi dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan lainnya.

4.

Berwawasan Lingkungan

a. Sekolah adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2017

b. Sekolah sehat tingkat nasional pada tahun 2019

c. Adanya green house/ batanikal garden

d. Adanya kolam ikan

e. Adanya penambahan ruang terbuka hijau atau taman sekolah

f. Adanya penambahan kursi taman

5.

Menjadikan Sekolah sebagai Pusat Keunggulan

a. Pencapaian prestasi (kejuaraan) akademik dan nonakademik minimal tingkat 20, provinsi 8, nasional 4, internasional 1 dalam setahun.

b. Rata-rata nilai UN meningkat minimal 0,2 setiap tahun.

c. Sekolah menjadi pusat belajar dan media belajar bagi siswa, guru, dan masyarakat.

 

 

 

d. Terlaksananya kegiatan ilmiah dalam bentuk seminar, penelitian, kolaboratif, dan atau best practice.

e. Terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan yang lebih dari SNP.

f. Terpenuhinya standar pengelolaan sekolah berbasis TIK

g. Terlaksananya kegiatan sosialisasi dan pengimbasan sekolah rujukan

h. Terlaksananya kegiatan pemenuhan dan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang lebih dari SNP .

 

 

B. MISI SMP NEGERI 3 PONTIANAK

1. Mempertahankan Akreditasi A

a. Membentuk dan mengoptimalkan tim penjaminan mutu pendidikan (SPMP) internal   sekolah

b. Mengembangkan perangkat dan instrumen SPMP

c. Melaksanakan pemetaan mutu untuk mengetahui positioning sekolah terhadap komponen SNP

d. Mengimplementasikan SPMP internal sekolah

e. Melaksanakan Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi (SME) internal sekolah secara rutin

f. Melakukan analisis dan melaporkan hasil-hasil SME

g. Melakukan perencanaan dan kegiatan tindak lanjut dari hasil SME untuk melaksanakan perbaikan berkelanjutan

 

2. Mengembangkan ekosistem pendidikan yang kondusif   

a. Mempertahankan dan mengembangkan sekolah menyenangkan, ramah, tenang, dan nyaman

b. Melaksanakan kegiatan untuk mengembangkan interaksi positif antar peserta didik, guru, dan lingkungan

c. Melaksanakan kegiatan yang dilakukan para guru dan wali kelas untuk memahami karakteristik peserta didik

d. Melaksanakan kegiatan untuk penyaluran bakat, minat dan potensi lainnya sesuai karakteristikpeserta didik dalam upaya menumbuhkembangkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak kritis, kreatif dan inovatif

e. Melaksanakan kegiatan yang mampu meningkatkan hubungan kekeluargaan antarwarga sekolah, orangtua siswa dan masyarakat

f. Melaksanakan kegiatan yang melibatkan masyarakat untuk peduli pendidikan

g. Melakukan kerjasama dalam pengembangan sarana pendidikan, dengan orangtua, pemerintah kota, dan masyarakat

h. Meningkatkan keamanan melalui kerjasama dengan warga dan pihak

 i. Melaksanakan kegiatan yang melibatkan organisasi profesi dalam bidang pendidikan dan atau

j. Mengalokasikan dana pendidikan yang berasal dari pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat

k. Melaksanakan kegiatan yang melibatkan dunia usaha/industri dalam dunia pendidikan

 l. Melaksanakan kegiatan kerjasama dengan dengan satuan pendidikan aliansi dalam berbagai

m. Melaksanakan kegiatan pengimbasan kepada sekolah

 

3. Menumbuhkembangkan Budaya Mutu Sekolah

a. Melaksanakan kegiatan penciptaan budaya belajar yang menyenangkan, menantang, inovatif, dan bermakna melalui pembelajaran melalui pendekatan saintifik.

b. Memperbanyak tempat duduk di taman untuk sarana belajar di luar kelas.

c. Membudidayakan tanaman hidroponik dalam bentuk green house/ botanical garden

d. Bekerja sama dengan puskesmas untuk pembinaan UKS

e. Bekerjasama dengan perpustakaan kota untuk pembinaan perpustakaan sekolah

f. Bekerja sama dengan pihak dunia untuk pembinaan budidaya tanaman

g. Bekerjasama dengan dunia usaha untuk pengembangan sistem informasi dan teknologi

h. Bekerjasama dengan dunia usaha dan industri dalam pengembangan unit usaha sekolah

i. Bekerjasama dengan alumni dan masyarakat dalam penggalangan dana untuk pengembangan mutu sekolah

j. Membentuk paguyuban kelas yang beranggotakan orangtua siswa

k. Mengembangkan taman bermain yang teduh, aman, nyaman, dan menyenangkan

l. Menyediakan ruang sudut baca

m. Menyediakan buku pelajaran dengan rasio 1:1

n. Memberikan penghargaan kepada siswa, guru, pegawai, dan tenaga lainnya yang berprestasi untuk menciptakan budaya kompetitif

o. Melaksanakan bimbingan belajar di luar jam efektif belajar

p. Melaksanakan kegiatan ektrakurikuler di bidang akademik, olahraga dan kesehatan, pelestarian lingkungan, bahasa, seni dan budaya, kepramukaan, dan bela negara.

q. Melaksanakan kegiatan pembelajaran dan penugasan yang memungkinkan tumbuhnya budaya kolaboratif seperti belajar kelompok dan tugas kelompok.

r. Melaksanakan kunjungan dan pertandingan persahabatan antarsekolah baik tingkat kota, provinsi, dan nasional.

s. Melaksanakan kegiatan penciptaan budaya kewirausahaan dalam bentuk pameran, bazar, kunjungan ke tempat dunia usaha dan industri.

t. Melaksanakan kegiatan   penciptaan  budaya   literasi    dalam   bentuk   pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran.

 

4. Melakukan upaya pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup

a. Melakukan kerjasama dengan bank sampah pemerintah, kantin, dan masyarakat peduli lingkungan dalam rangka upaya pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup secara terprogram.

b. Melaksanakan pembinaan terhadap semua warga sekolah tentang upaya pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup secara terprogram

c. Menghadirkan narasumber inspiratif yang berkaitan dengan upaya pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup secara terprogram

d. Melaksanakan workshop tentang upaya pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup secara terprogram

e. Melakukan kerjasama dengan puskesmas dalam rangka pencapaian prestasi sekolah sehat

f. Melakukan kerjasama dengan dunia usaha dan lembaga pemerintah dalam pengadaan, pemeliharaan, dan pengolahan hasil green house/ botanikal garden.

g. Melakukan pameran hasil prakarya siswa dan green house

h. Membuat kolam ikan

i. Menambah ruang terbuka hijau atau taman sekolah

j. Menambah kursi taman

 

5. Melaksanakan program penumbuhan budi pekerti luhur dan akhlak yang mulia

a. Melakukan komitmen bersama antarwarga sekolah untuk melaksanakan program sekolah rujukan.

b. Melakukan koordinasi sesuai garis komando

c. Menyediakan buku saku siswa

d. Mematuhi segala aturan tertulis dan lisan yang telah ditetapkan oleh sekolah

e. Mengunjungi teman yang sedang sakit atau yang mendapat musibah

f. Memberikan bantuan layak kepada anak yang kurang mampu

g. Melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah minimal setiap dua minggu sekali

h. Melaksanakan senam kesegaran jasmani secara massal minimal setiap dua minggu sekali

i. Melaksanakan kegiatan pembacaan alquraan/alkitab minimal setiap dua minggu sekali

j. Melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama yang dianut

k. Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menerima keberagaman sebagai anugerah untuk bangsa Indonesia melalui kegiatan pembiasaan dan ekstrakurikuler.

l. Menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap mengawali kegiatan pembelajaran

m. Menyanyikan salah satu lagu wajib nasional dan atau lagu daerah sebelum pulang.

n. Bersalaman setiap bertemu dan berpisah dengan teman

o. Melaksanakan kegiatan pembiasaan spontan, rutin,dan terprogram untuk mendorong berkembangnya potensi diri peserta didik secara utuh.

p. Membudayakan literasi dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan lainnya.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Profil

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator